Selasa, 03 Desember 2019

[Tantangan Menulis Day #3] : 7 Aktivitas yang Bikin Penulis Nggak Lagi Stuck


Seseorang dikatakan penulis jika dia menulis. Tapi terkadang ada hambatan yang tiba-tiba datang dan menghilangkan mood nulis. Salah satunya adalah saat sedang blank alias nggak ada ide, atau yang lebih dikenal dengan writer’s block.

Writer’s block bisa datang kepada siapa saja. Kalau di situasi seperti ini, aku bawaannya galau. Pinginnya nulis, tapi nggak ngerti apa yang musti ditulis. Bisa juga aku ada rasa bingung mau mulai dari mana.

Kalau sudah begini, aku biasa ambil jeda dan meninggalkan aktivitas menulis. Tapi jangan lama-lama, ya. Sebentar saja. Hanya break untuk me-refresh baik tubuh maupun pikiran.

Beberapa kegiatan berikut biasa aku lakukan saat mentok dan nggak ada ide buat nulis. Buat kamu yang punya masalah yang sama, barang kali bisa mencoba.

§  Santai Sejenak
Terkadang, karena teralu sibuk, kita lupa bernafas. Bernafas di sini bukan bernafas seperti biasanya, ya. Tapi bernafas panjang dan dalam, lalu hembuskan perlahan. Ini bisa membantuku lebih santai. Apalagi kalau ditambah ngeteh hangat sambil duduk sore di teras rumah. Biasanya saat seperti tetiba ide datang. Tinggal tulis deh di buku ide.

§  Mandi
Tubuh yang lelah bisa juga memicu ketegangan pikiran, dan mandi bisa jadi salah satu pilihan untuk lebih rilek. Air yang menyentuh kulit akan mengembalikan kesegaran. Apalagi kalau mandinya pakai sabun dengan aroma wangi kesayangan. Salah satu moodbooster, nih. Bisa jadi di tengah mandi tetiba ide datang, ye, kan.

§  Membaca
Ini adalah satu caraku untuk menemukan lumbung ide. Apalagi jika bacaanku masih berhubungan dengan apa yang ingin aku tulis. Masih satu tema, misalnya. Tentu ini akan sangat membantu. Bukankah ada yang bilang, kalau ingin menulis satu artikel harus membaca minimal sepuluh artikel sejenis. Pun demikian saat ingin menulis buku. Paling tidak harus membaca 5 buku setema.

§  Nonton Film
Buatku film tuh bisa jadi sarana refreshing, tapi juga bisa buat referensi. Misal nih, pingin nulis cerpen romance tapi nggak ada ide. Tonton aja film romance. Film-film yang diangkat dari novelnya Nicholas Spark yang selalu jadi best seller bisa jadi pilihan.

§  Jalan-jalan
Jalan-jalan adalah salah satu cara mendapatkan ide. Mau jalan-jalan biasa, boleh. Atau sekalian bawa laptop, pindah tempat nulis, hehe. Tak dapat dipungkiri, terkadang suasana jenuh juga bisa mempengaruhi mood dan berakhir dengan ide yang tak kunjung datang.

§  Nyalon
Siapa sih yang nggak suka aktivitas yang satu ini. Terutama para perempuan, nih. Meski hanya facial atau hair spa, rasanya bisa ngurangi beban pikiran. Ditambah pijatan para beautician, Duh! Nggak hanya membuat diri merasa cantik, tapi juga fresh untuk berburu ide dan menulis.

§  Mengerjakan Hobi
Mengerjakan hal lain bisa membuat pikiran teralihkan dari kepenatan. Ini tuh seperti jeda. Apalagi kalau mengerjakan sesuatu yang disenangi. Bisa jadi menyenangkan hati. Alhasil, bisa mikir lagi deh untuk meneruskan menulis.

Nah, itu tadi beberapa hal yang biasa aku lakukan saat nggak ada ide, ide macet, atau juga mood menulis sedang turun. Dan jangan lupa ya untuk selalu menuliskan outline setelah ide didapat. Biar nulisnya tetap sesuai dengan ide awal, nggak melenceng kemana-mana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^