Jumat, 06 Desember 2019

[Tantangan Menulis Day #6] : Minder dengan Tulisan Sendiri? Hilangkan dengan 3 Langkah Ini!


Ada saat dimana penulis merasa minder dengan karyanya sendiri. Ini bukan hanya terjadi pada penulis pemula. Penulis yang sudah malang melintang di dunia persilatan #eh penulisan pun juga pernah mengalaminya.

Biasanya perasaan minder datang saat penulis merasa masih pemula, atau tulisannya jelek, dll. Padahal itu hanya “merasa”, lho. Belum tentu benar, kan. Aku pun pernah mengalaminya. Rasanya tingkat percaya diriku sedang berada di level terendah. Duh!

Bila ini terjadi, biasanya aku melakukan beberapa hal untuk menghilangkannya. Berikut di antaranya :

§  Yakinkan diri kalau kamu adalah penulis. Seseorang disebut penulis jika dia menulis. Pun demikian dengan kamu. Tidak peduli kamu penulis pemula sekalipun. Kamu harus tetap menulis.

§  Menulislah yang bermanfaat. Sesuatu yang memberikan banyak manfaat kepada orang lain biasanya itu hal yang baik. Kamu bisa menulis tentang motivasi, tips, sharing pengalaman, dll. Jenis tulisan seperti ini tentu bukan tulisan yang jelek dan bikin malu, kan.

§  Yakinkan dirimu banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari tulisanmu. Ini nih yang penting. Orang tidak akan tahu dan membaca tulisanmu jika kamu tidak menyebarkannya. So,kamu musti percaya diri menerbitkan dan menyebarkan tulisanmu.

Nah, ternyata tidak ada alasan kan untuk merasa minder dengan tulisanmu sendiri. Kamu harus percaya dengan kemampuanmu. Pun demikian dengan kualitas tulisanmu.

Dan satu lagi, dengan menerbitkan dan membagikan tulisanmu, bisa jadi kamu akan mendapatkan feedback dari pembaca baik berupa kritikan, saran, atau sekedar komentar.

Jangan deg degan dulu. Bisa jadi itu adalah hal positif dan jadikan sebagai penyemangat untuk menjadi lebih baik lagi. Bahkan dari komentar yang masuk, tidak tertutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan bahan untuk tulisan berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^