Minggu, 01 Desember 2019

[Tantangan Menulis Day #1] : Gini sih Agar Aku Tetap Rajin Nulis


Salah satu tantangan dalam menulis adalah manajemen waktu. Ada aja alasan untuk absen menulis setiap harinya. Mulai dari aktivitas harian yang menggunung sampai alasan nggak ada mood. Wah!

Tak dapat dipungkiri, aku pun mengalaminya. Karenanya aku berusaha mencari jalan keluar untuk mengatasinya. Bagiku, menulis bukan lagi sekedar hobi. Ini sudah semacam kebutuhan.

Lambat laun aku mulai menemukan cara agar tetap bisa rajin menulis setiap hari. Yup! Setiap hari! Meski hanya satu lembar, tak masalah. Nah, barang kali caraku ini bisa membantu buat kamu yang mengalami masalah yang sama.

  • Niatkan.
Bagiku, niat itu semacam bahan bakar. Dengan adanya niat kuat untuk rajin menulis, tentu akan menumbuhkan tekad untuk melaksanakannya, apapun yang terjadi. Termasuk tekad untuk menulis setiap hari.

  • Temukan Jam Biologis.
Setiap penulis mempunyai jam biologisnya masing-masing. Ini adalah saat dimana penulis merasa suasana mendukung, mood bagus, ide mengalir lancar. Segera temukan jam biologismu dan manfaatkan dengan baik.

  • Jadwalkan.
Jangan jadikan menulis hanya sekedar hobi. Hobi adalah kegiatan yang dilakukan saat waktu luang. Berarti kalua nggak ada waktu luang, nggak nulis, dong. Karenanya jadwalkan setiap hari. Sisihkan satu jam di jam biologismu untuk fokus menulis.

  • Tetapkan Target.
Mengerjakan sesuatu tanpa target itu seperti melakukan perjalanan tanpa tahu tujuannya. Dengan menentukan target jumlah maupun waktu kapan tulisan kamu harus selesai, tentu akan membuatku terpacu untuk lebih rajin menulis.

  • Gunakan Bank Ide.
Ini sangat membantu sekali agar kamu bisa memanfaatkan waktu yang kamu punya dengan efektif. Bank ide bisa kamu gunakan untuk menampung semua ide yang datang. Jika ada waktu luang, jabarkan ide yang ada menjadi outline. So, saat jam biologismu datang, kamu sudah tahu apa yang akan kamu tulis.

Itu tadi sedikit sharing dariku tentang menulis. Harapanku, waktu bukan lagi menjadi penghalang siapapun untuk menulis, ya. Semoga bermanfaat, ya ^^


#TantanganMiladKabolMenulis3
#Day1

2 komentar:

  1. Saya yang baru tahu Mbak hana nulis artikel seperti ini. Biasanya review buku. Infonya jelas padat singkat. Tinggal eksekusi aja ini♥️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh kedepannya bakal ada banyak artikel kek gini ^^

      Hapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^