Rabu, 11 Desember 2019

[Tantangan Menulis Day #11] : Lakukan 5 Trik Ini agar Paragraf Pertamamu Menarik


Tulis! Hapus!
Tulis! Hapus!
Gitu aja terus! Haha …

Apa kamu juga pernah mengalaminya? Aku sih pernah. Apalagi saat sedang membuat kalimat pertama. Entah itu untuk pembujaan artikel maupun cerita fiksi.

Namun akhir-akhir ini aku berusaha mencari cara agar tak banyak bingung dalam menulis paragraf pertama. Begini yang biasa aku lakukan :

§  Awali dengan quote.
Aku mulai terbiasa mencari quote sebelum menulis artikel. Quote ini tentu yang berhubungan dengan tema tulisan, ya. Biasanya, quote ini bisa memancing ide untuk paragraf berikutnya.

§  Lempar pertanyaan yang berhubungan dengan tema tulisan.
Misal aku berencana menulis tentang pentingnya sikat gigi, langsung saja buka dengan pertanyaan, “Berapa kali kamu menyikat gigi dalam sehari?”

§  Berikan fakta di awal.
Ingin menulis tentang peran kegiatan membaca, langsung saja buka dengan fakta. Misalnya, nih, “Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan hanya 1 dari 10 anak Indonesia yang suka membaca.”

§  Langsung buka dengan dialog.
Ini biasanya kupakai saat menulis cerita fiksi, ya. Seperti ini … “Jangan pergi!” Suara Rianti bergetar. Matanya memanas. Ada genangan di sudut matanya.

§  Boleh lho langsung ke konflik.
Awalnya aku biasa pakai cara ini saat menulis flash fiction karena jumlah karakternya terbatas. Tapi ketika diterapkan ke cerpen atau pun novel ternyata trik juga bisa jalan. Jadi, langsung aja masuk ke konflik. Semisal nih … Slinder High School gempar! Patung Sir Alexander kebanggan sekaligus simbol sekolah itu hilang.

Nah, itu tadi beberapa cara yang aku pakai untuk menuliskan paragraf pertama agar menarik. Bisa fiksi maupun non fiksi.

Sebenarnya ini bisa dipelajari, ya. Asalkan kamu mau terus menulis, kemampuanmu menuliskan paragraf pertama yang menarik akan terasah. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. Wah keren tips nya kak. Aku selama ini membuka dg dialog paling, tips2 lainnya patut dicoba juga nih. 😍 Btw salam kenal yaa..

    BalasHapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^