Senin, 09 Desember 2019

[Tantangan Menulis Day #9] : Saat yang Gurih Bikin Nagih


Setiap orang memiliki selera masing-masing terhadap makanan. Ada yang suka rasa manis, tapi tak sedikit pula suka yang gurih. Kalau aku pribadi lebih suka rasa yang terakhir, ya.

Entah kenapa lidahku tuh banyak cocoknya sama makanan gurih. Kalau ditawari cokelat atau keju, langsung deh pilih keju. Aku juga suka makanan seperti keripik, kacang-kacangan, dll. Buatku, rasa gurih itu nagih.

Aku pernah membaca sebuah artikel, ada sebuah penelitian di Australia tahun 2011 yang menyatakan bahwa otak merespon Natrium (salah satu zat yang terkandung dalam makanan gurih) seperti merespon nikotin. Inilah yang menyebabkan penyuka rasa gurih seperti “ketagihan”.

Meski pun penyuka makanan gurih, tapi aku nggak boleh makan berlebihan. Segala hal yang berlebihan itu nggak baik. Pun demikian dengan makanan gurih.

Ini masih ada hubungannya dengan Natrium dalam makanan gurih, ya. Ternyata zat ini akan menahan cairan dalam tubuh yang dapat mengakibatkan tekanan darah naik. Wadew!

So, seenak apapun makanan di lidahmu, makan secukupnya saja. Jangan berlebihan. Selalu akan ada dampak bagi sesuatu yang berlebihan. Iye, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^