Senin, 16 Desember 2019

[Tantangan Menulis Day #16] : 5 Trik Agar Judul Artikelmu Menarik


Tak dapat dipungkiri, judul adalah elemen penting dalam sebuah artikel. Sebelum seseorang membaca artikel, yang pertama dibaca adalah judulnya. Jika judul menarik, pembaca akan lanjut membaca artikel. Tapi kalau judulnya kurang menarik, maka dia akan beralih pada yang lain.

Mencari judul yang menarik bukan perkara mudah. Sampai-sampai ada beberapa penulis yang memilih judul artikelnya di akhir sesi. Yup! Dengan kata lain, artikelnya dulu jadi baru dipikirkan judulnya.

Nah, pernah kepikiran nggak sih menggunakan 5 trik berikut untuk mendapatkan judul menarik?

  • Buat judul yang singkat. Kalau judul artikel terlalu panjang, yang ada pembaca merasa malas membacanya. Tentu ini membingungkan pembaca juga, ya. Misal : Cara Cepat Membaca Buku


  • Berikan Solusi bagi pembaca. Pembuatan judul seperti ini akan membuat pembaca menilai dengan cepat apakah artikel tersebut bermanfaat baginya.  Misal : Cara Menyimpan Cabai dengan Mudah.

  • Awali dengan angka. Banyak pembaca yang senang membaca artikel model listcle. Artikel seperti ini menggunakan angka di depan judulnya. Misal : 3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Bangun Lebih Awal.

  • Buatlah pertanyaan. Ini terlihat seolah artikel tersebut mengajak berpikir apakah pembaca berada di situasi yang sama. Misal : Anda kesulitan membuat judul? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini.

  • Gunakan Perbandingan. Kamu bisa menggunakan dua hal berkebalikan dalam satu judul. Misal : Terancam DO? Lakukan 5 Hal Ini Agar Skripsi Cepat Selesai.


Meski terkesan sepele tapi judul memiliki peran penting, artikel kita dibaca atau tidak. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^