Rabu, 05 Juli 2017

Yuk, ngoplo! Bareng IIDN Solo


Ah Tenane adalah salah satu rublik di koran Solo Pos yang selalu menjadi incaran para anggota IIDN Solo Raya. Setiap hari kami selalu bertanya di group WhatsApp, tulisan siapa yang tembus hari ini. Kebetulan sebagian anggota IIDN-SR berlanggana koran yang selalu memuat kabar tentang kota Solo dan sekitarnya itu.

Pernah lho dalam seminggu berturut-turut, rublik yang menghadirkan kisah-kisah jenaka dengan latar kehidupan sehari-hari itu diisi oleh anggota IIDN-SR. Dan saat tulisan kami dimuat di media, kami selalu merayakannya bersama. Saling memberi selamat, bahkan saling mengejek. Eit, mengejek di sini bukan untuk menyudutkan, ya. Tapi lebih untuk mengompori anggota lain agar segera menulis kisahnya dan mengirimnya ke media.

Ngoplo. Yeah, itulah istilah yang kami pakai. Jangan mempersepsikan buruk dulu, ya. Yang dimaksud ngoplo di sini bukannya kecanduan akan obat-obatan terlarang, akan tetapi kecanduan tulisannya dimuat di rublik Ah Tenane. Istilah ngoplo sendiri kami ambil dari salah satu lelaki tokoh yang ada di rubrik tersebut, yaitu Jon Koplo.




Setiap kisah yang dikirim di Ah Tenane harus menggunakan nama- nama yang memang sudah menjadi paten di rubrik tersebut. Ada beberapa tokoh lelaki bernama Jon Koplo dan Tom Gembus. Ada juga beberapa tokoh perempuan bernama Lady Cempluk dan Genduk Nichole. Jadi, siapapun nama asli dalam kisah tersebut, tetap harus diganti dengan nama-nama yang sudah ada tadi.

Nah, salah satu anggota IIDN-SR yang langganan mengisi rublik ini adalah Noer Ima Kaltsum. Ibu guru kimia yang satu ini dengan mudah mengolah ide-ide lucu yang didapatkan di kesehariannya menjadi naskah humor. Beberapa waktu lalu Bu Ima, demikian beliau biasa disapa, berkenan mengungkapkan triknya agar mudah menulis cerita humor lalu dimuat di Ah Tenane. Yuk, disimak!



Ide Cerita Ngoplo

Ah Tenane berisikan cerita humor dengan latar belakang kehidupan sehari-hari. Idenya bisa datang dari mana saja. Bisa dari pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain. Jadi cerita-cerita di sini merupakan kisah nyata, ya. Karenanya mulai sekarang jangan ragu mengamati keadaan sekitar. Siapa tahu ada kejadian unik yang bisa digunakan sebagai bahan cerita. Eh, tapi bukan berarti lantas kepo dengan urusan orang, ya. Itu sih nggak baik, haha 😃 :D

Latar belakang dan settingnya bernuansa Jawa. Ini bisa dilihat dari penggunaan logat dan juga tutur bahasa. Meskipun demikian bukan berarti musti medok banget bahasa jawanya, ya. Sewajarnya saja dan dikemas dengan ringan karena memang cerita-cerita ini sebagai hiburan, hehe ^^ Karena diambil dari kisah keseharian maka tema yang dihadirkan pun berbagai macam. Mulai dari peristiwa konyol dengan tetangga, dengan teman, atau juga dengan diri sendiri.



Penulisan Naskah

Naskah Ah Tenane ditulis di atas kertas ukuran A4 dengan jarak spasi 1,5. Meski tidak ada batasan dalam mengembangkan ide, namun untuk rublik yang satu ini naskah tidak perlu panjang-panjang. Cukup kurang dari 1 halaman.

Nah di sinilah letak tatangannya. Karena kurang dari 1 halaman maka naskah ini bisa dikategorikan pendek. Penulis musti jeli dalam memilih kata sekaligus merangkainya. Tujuannya agar kata yang sedikit tersebut dapat mewakili inti kisah yang disajikan.

Dalam hal ini Bu Ima punya triknya, yaitu dengan menghilangkan bagian kalimat yang tidak efektif.  Usahakan ada logat Jawa ditampilkan yang akan memberikan kesan lucu. Karena bukan bahasa baku maka penggunaan logat Jawa harus ditulis miring atau Italic.

O iya, pada akhir naskah jangan lupa sertakan biodata singkat, ya. Tidak perlu panjang-panjang, kok. Cukup menyantumkan nama, alamat, nomor rekening, serta NPWP.


Pengiriman Naskah

Naskah Ah Tenane yang sudah jadi dikirim ke redaksi Solopos dalam bentuk soft file dengan alamat emailnya redaksi@solopos.co.id atau redaksi@solopos.comEmail subjek email ditulis format : Ah Tenane_Nama_Judul. Naskah dikirim sebagai lampiran, ya. Jangan diletakkan pada badan surat. 

Hmm ... praktis, ya. Kalau sudah terkirim tinggal tunggu, deh.



Pemuatan Naskah

Menunggu memang kegiatan yang membosankan. Karenanya setelah mengirim naskah apapun tidak perlu ditunggu. Lanjut saja dengan menulis naskah berikutnya. Kalau memang dimuat akan ada pemberitahuan.

Etapi itu tidak berlaku untuk Ah Tenane. Penulis yang naskahnya dimuat tidak akan mendapat pemberitahuan dari pihak Solopos. Jadi kita yang musti aktif mencari tahu tulisan siapa yang tembus hari itu. Bagi yang berlangganan koran Solopos lebih mudah karena setiap saat bisa menengok rublik Ah Tenane yang ada setiap Senin hingga Sabtu. Nah, di IIDN-SR biasanya akan ada kabar burung setiap pagi dari yang berlangganan koran Solopos, giliran siapa yang ngoplo.



Honor Naskah yang Dimuat

Asyik, mulai ngomongin honor, nih. Lha, naskah dimuat saja senang apalagi dapat honor juga. Asyik 2x itu, haha 😃 😃 

Untuk naskah Ah Tenane ini dihargai 75K dan bisa diambil langsung ke kantor surat kabar Solopos di Jl Adi Sucipto, Solo. Lumayankan untuk naskah ukuran kurang dari 1 halaman. Selain bisa nraktir temen-temen, juga bisa (((sedikit))) dikenal oleh masyarakat lewat tulisan kita, hehe ^^



Nah, itu tadi sekilas tips bagi Anda yang ingin mencoba menulis untuk rublik Ah Tenane di koran Solopos. Kuncinya, jangan menyerah dan putus asa. Buat tulisan sebanya-banyaknya, lalu kirim. Semakin banyak naskah yang dikirim, semakin besar peluang untuk dimuat. Selamat mencoba ^^

1 komentar:

  1. boleh juga nih, kadang aku juga bikin postingan lucu diblog, kira-kira bisa masuk gakya ? :D

    BalasHapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^