Senin, 06 Mei 2024

[Book Review] : Black Angel – Masih Ada Cinta Untukmu

 

Sinopsis

Hidup Avril nyaris sempurna. Dia punya orang tua yang harmonis dan juga kakak yang sangat menyayanginya. Namun siapa sangka itu hanya di permukaan saja. Papa yang dibanggakannya ternyata menyimpan rahasia kelam. Avril yang mendapati kenyataan itu merasa syok dan dunianya runtuh. Siapa sangka, kakak semata wayangnya sudah terlebih dulu mengetahui hal tersebut tapi malah menyimpan rapat. Ibunya pun terlihat acuh dengan masalah tersebut. Semua itu membuat Avril kehilangan kepercayaan kepada keluarganya. Terlebih sesudahnya, kakaknya meninggal karena over dosis yang kemudian disusul papanya yang bunuh diri. Avril yang dulunya gadis manis dan ceria, kini menjelma sosok lain yang sangat bertolak belakang dengan kepribadiannya selama ini.

 

Baca juga >>> [Book Review] - Living with Disaster

 

Review

Hai, BESTie. Aku hadir lagi dengan sebuah review novel yang mengetengahkan konflik keluarga yang berdampak kepada perubahan hidup seorang anak menjadi suram.

Ini adalah kisah tentang Avril yang kecewa dengan anggota keluarganya yang awalnya terlihat sempurna. Dia selalu berlimpah kasih sayang dan juga harta. Namun semua itu tidak ada artinya saat sebuah rahasia kelam papanya terungkap. Avril yang marah dan kecewa lalu merubah dirinya menjadi sosok yang pemberontak, dan sering melakukan tindakan kriminal hanya untuk memuaskan rasa marah dan kecewanya. Ini menjadi awal mula konflik dalam cerita ini.

Masalah Avril yang lain adalah perilakunya yang berubah negatif. Avril menjadi kleptomania. Dia suka mencuri bukan karena butuh, tapi hanya untuk menaikkan adrenalin saja. Dia juga menatto tubuhnya dengan alasan untuk membalas sakit hati pada papanya, dia melakukan hal-hal yang papanya tidak suka. Yang lebih gila lagi, Avril menjadi pelakor di rumah tangga orang. Lagi-lagi ini dilakukannya bukan karena cinta, tapi hanya untuk menantang diri sendiri dengan sesuatu yang berbahaya.

Konflik yang dihadirkan penulis berikutnya adalah konflik Avril terhadap diri sendiri. Ini terutama terjadi setelah Avril merasakan kekecewaan mendalam terhadap keluarganya. Dia merasa sudah tidak ada lagi orang yang sayang dan peduli padanya. Namun saat Aidan datang dengan sikapnya yang manis dan perhatian, ada yang bergejolak dalam diri Avril. Meski dia menyangkal perasaan-perasaan yang datang kepadanya dan sering memarahi Aidan agar tidak terlalu baik dan perhatian padanya, dari dalam hati yang paling dalam, Avril terharu diperlakukan semanis itu.

Meski keluarganya hancur, untungnya Avril menemukan teman yang begitu mensupport dirinya. Perlahan Avril mulai menyadari kesalahannya meski harus melewati beberapa masalah baru.

Sosok Avril digambarkan sebagai perempuan muda yang cantik, pemberani, awalnya dia gadis manis tapi berubah menjadi pemberontak. Dia sedikit cuek, suka menolong, dan suka tantangan.

Prue adalah sahabat Avril. Seorang transgender yang memiliki masa lalu kelam karena merasa selalu mendapat tekanan dari keluarganya. Dia bersikap dewasa, mengayomi, dan mendukung Avril. Dia menjelma seorang kakak bagi Avril.

Aidan adalah lelaki yang sudah membuat Avril menyadari banyak hal terutama betapa dirinya berharga, bahwa di dunia ini masih ada orang-orang yang peduli dan sayang padanya. Lelaki ini perhatian dan baik hati.



Baca juga >>> [Book Review] - 5 Reasons and More

 

Novel ini tidak terlalu tebal. Aku bisa menyesaikan membacanya dalam sekali duduk. Ada beberapa kutipan menarik selama aku membaca novel ini. Berikut di antaranya ...

"Kita memang tidak pernah mengenal seseorang luar dalam."

[Hal : 34]

"Kalau kamu tersenyum, dunia ini ikut tertawa. Kalau kamu tertawa, dunia akan berumur lebih panjang seribu tahun."

[Hal : 41]

"Manusia selalu berubah."

[Hal : 67]

"Untuk apa aku merasa hancur untuk orang yang memilih tidak menghargai hidupnya sendiri?"

[Hal : 77]

"Pengalaman mengajarkan, untuk bertahan hidup kita harus membuang rasa takut dan malu. Itu cuma melemahkan."

[Hal : 96]

"Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi dalam hidup ini."

[Hal :170]

"Cinta bisa tumbuh belakangan."

[Hal : 181]

"Lelaki selalu terancam pada perempuan yang punya kekuatan dan otak."

[Hal : 182]

"Jangan sampai kekecewaan membuatmu menyamaratakan semua populasi di dunia."

[Hal : 211]

"Dunia ini masih menyediakan banyak cinta untukmu. Hanya kamu belum menemukan tempatnya."

[Hal : 212]

"Behentilah melakukan apapun hanya demi alasan adrenalin atau balas dendam. Dendam hanya memberimu sesuap debu. Jadi, semoga kamu mau mempertimbangkan untuk mulai melakukan segalanya dengan cinta. Kamu tidak perlu membuktikan apapun pada dunia. Kamu adalah perempuan hebat. Kini, beri kesempatan pada dirimu untuk memaafkan masa lalu. Berdamailah dengan takdir yang sudah kamu jalani."

[Hal : 214]

"Kita hidup di hari ini, jadi pikirkanlah untuk hari ini dulu. Tidak perlu menebak-nebak apa yang belum pasti. Itu cuma membuatmu capek."

[Hal : 229]

 

Selain kutipan dialog dan narasi yang kusuka, ada juga beberapa pelajaran yang kudapat dari kisah ini di antaranya ...

  • Tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang ada kelebihan dan kekurangan. Karenanya, mencintailah secukupnya, membencilah seperlunya.
  • Kecewa, marah terhadap sesuatu dalam hidup adalah sesuatu yang wajar. Namun berusahalah tetap bersikap positif. Jangan sampai amarah dan kekecewaan itu menghancurkan diri sendiri. Karena nantinya, kitalah yang akan rugi sendiri.
  • Carilah teman-teman yang baik karena teman dapat mempengaruhi sikap dan pemikiran kita. Saat kita terpuruk, mereka mau merangkul kita. Mau menasehati tanpa menggurui.
  • Pilihlah support sistem yang baik. Menurutku, support sistem yang baik itu bukan hanya yang mendorong kita untuk tetap maju. Namun juga saat kita melakukan kesalahan, mereka berani menegur dan mengkritik. Tentu saja, kritik yang disampaikan adalah kritik yang membangun, bukan menjatuhkan.
  • Saat kecewa terhadap sesuatu, lantas jangan menilai semua orang sama saja. Kemudian menutup mata dan hati. Tidak mau menerima kenyataan bahwa tidak semua orang akan mengecewakan.

 


Baca juga >>> [Book Review] - Tanya Tania

 

Novel ini bergenre romance yang ditulis dalam beberapa sudut pandang. Beberapa chapter ditulis dengan POV orang pertama tunggal dari sudut pandang Avrio, Mirza, Prue, dan Aidan. Ada beberapa chapter yang ditulis dengan POV tiga tunggal untuk beberapa tokoh lainnya. Ini, sih, unik, ya. Untungnya selalu ditulis nama tokoh di awal chapter untuk penggunaan POV orang pertama tunggal, jadi pembaca tidak akan bingung.

Cerita ini mengambil setting di beberapa kota, seperti Bogor dan Jakarta. Alurnya maju mundur dengan pace sedang.

 

Baca juga >>> [Book Review] - Baby and Me

 

Data Buku

Judul          :    Black Angel

Penulis      :    Indah Hanaco

Penerbit     :    Stiletto Book

Tahun        :    2011

Tebal         :    234 halaman

 

Baca juga >>> [Book Review] - Song for Alice

 

Skor

🌠 4/5

 

 

~ Hana Aina ~

 

 

Baca juga, ya ...






 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^