Minggu, 16 Juli 2023

[Book Review] : In a Class by Itself – Karena Hidup adalah Pilihan-Pilihan


Sinopsis

Dani Quinn datang ke reuni SMA dan kembali bertemu dengan Logan Webster. Keduanya pernah punya masa lalu, jatuh cinta, menikah, lalu berpisah. Perpisahan di masa lalu menggoreskan luka di antara keduanya. Dani berusaha menghindar dari Logan. Namun yayasan tempat Dani bekerja memintanya melobi Logan agar meminjamkan propertinya untuk acara yayasan. Logan bersedia mengabulkan dengan syarat, Dani harus kembali padanya. Dani terjebak dalam kegalauan, antara pekerjaannya, masa lalunya, dan juga harga dirinya.

 

Baca juga >>> [Book Review] - Pre Wedding Rush

 

Review
Hai, BESTie! Aku kembali lagi salah satu buku Sandra Brown berjudul In a Classy by Itself yang diterjemahkan menjadi Reuni. Dari covernya sudah ketahuan, ya, kalau ini cerita dengan bumbu romance dewasa. Jadi pembaca di bawah umur minggir sebentar, ya.

Kisan Dani – Logan ini melibatkan CLBK alias Cinta Lama Belum Kelar. Membaca kisah yang ditulis dengan POV 3 tunggal ini aku banyak diajak menyelami konflik batin manusia, baik dari tokoh Dani maupun Logan. Masing-masing tokoh membawa luka dan perjalanan hidupnya masing-masing.

Dani adalah perempuan itu pernah mencintai Logan saat SMA. Lelaki itu pun sangat tergila-gila padanya. Meski mereka sempat menikah lalu berpisah. Sayangnya semenjak itu Dani harus menghilangkan perasaannya itu karena tidak adanya restu dari orang tuanya. Dani akhirnya menikah lagi dengan lelaki pilihan orangtuanya dan melahirkan seorang anak. Sayangnya, momentum itu bukan membawa kebagiaan bagi Dani tapi justru nestapa.

Bayi Dani dinyatakan cacat dan usianya tidak akan lama. Keluarga Dani, termasuk suami dan mertuanya meminta Dani menyingkirkan anak itu karena dianggap aib. Namun Dani, sebagai ibu yang melahirkannya, tidak tega melakukannya hingga menghadapi konsekuensi suaminya menceraikannya. Dani berjuang sendiri membesarkan anaknya, bekerja sekaligus merawat anak semata wayangnya. Hingga suatu hari Dani harus menerima kenyataan, anaknya tidak mampu bertahan lalu pergi untuk selamanya.

Di sisi lain, ada Logan yang berkutat dengan dendamnya pada keluarga Dani. Salah satu alasan utamanya karena keluarga Dani tidak merestui hubungannya dengan putri mereka. Mereka menganggap Logan berasal dari keluarga miskin. Bagi lelaki itu, ini sebuah penghinaan bukan hanya pada dirinya yang sangat mencintai Dani tapi juga kedua orangtuanya.

Kalau ngomongin kekurangan dalam kisah ini, menurutku sih terlalu banyak adegan dewasa, ya. Kupikir, mungkin karena ini novel terjemahan luar sehingga adegan seperti sudah biasa. Namun ada juga kok kelebihannya.

Kelebihan kisah ini menurutku karena mengedepankan sisi kemanusiaan dan kepedulian yang diwakili tokoh Dani. Perempuan itu bekerja di yayasan yang peduli pada anak-anak cacat. Bagi Dani pengabdiannya untuk merawat anak-anak ini seolah mengingatkannya pada anaknya sendiri yang telah tiada. Begitu kuat dedikasi Dani pada pekerjaannya, sampai sampai saat Logan memberinya pilihan antara dirinya atau pekerjaannya, dengan sangat berat hati Dani memilih meninggalkan Logan dan kembali ke yayasan.

Beruntungnya, sebetapa kerasnya Logan, hatinya akan selalu luluh untuk Dani. Logan yang awalnya menganggap Dani sudah tidak mencintainya lagi akhirnya mau mengkompromikan semuanya. Kalau perempuan itu bisa menjalani keduanya - tetap melakukan pekerjaannya sekaligus mencintai lelaki itu – untuk apa Dani harus memilih. Dia akan melakukan keduanya. Dia membuat jadwal yang begitu adil antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya yang kemudian disetujui oleh Logan.

Tokoh Dani digambarkan sebagai sosok perempuan mandiri. Kepahitan hidup telah mengajarkannya menjadi perempuan kuat. Dia memiliki masa lalu menyakitkan hingga membuat hatinya terluka. Dani kini lebih tabah dan lebih peduli pada orang yang kurang beruntung, terutama anak-anak.

Sedangkan Logan digambarkan sebagai lelaki pekerja keras. Hinaan pada dirinya dan keluarga yang miskin telah membuatnya bertekad menjadi orang sukses. Kini semuanya terwujud. Dan misinya kini menunjukkan pada keluarga Dari siapa dirinya sekarang. Dan yang lebih penting, Logan ingin Dani kembali padanya.

 

Baca juga >>> [Book Review] - This Guy is Mine

 

Tidak seperti kisah-kisah yang pernah kubaca sebelumnya, aku hanya punya sedikit dialog yang kusuka di kisah ini.

“Aku tidak menyadari betapa banyaknya kau telah berkorban untukku,” kata Dani sinis.

“Berkorban, ya. Tetapi tidak banyak. Aku akan melakukan apa saja demi bisa bersamamu.”

[Hal : 30]

“Bahwa kau ‘seorang yang pernah kusayang’. Aku tetap sayang padamu sekarang, Dani. Dan itu tidak ada hubungannya dengan kita sepuluh tahun yang lalu. Jika aku baru bertemu denganmu tiga malam yang lalu pun, aku akan segera tahu hanya kaulah satu-satunya yang bisa kucinta.”

[Hal : 168]

“Aku mencintainya, Logan. Dia tidak cantik, dari segala sudut pandang. Tetapi dia begitu tak berdaya dan membutuhkan cinta. Dia anakku. Dan aku mencintainya.”

[Hal : 211]

 

Ada juga beberapa pelajaran yang kudapat dari kisah ini :

  • Motivasi terbaik bukanlah pujian tapi hinaan dan cacian. Seperti halnya Logan yang mendapat hinaan dari orangtuanya Dani. Lelaki itu mengubah sakit hati dan amarahnya menjadi sebuah motivasi. Dia bertekad mengubah nasibnya, membuktikan bahwa dia bisa sukses dan layak bersanding dengan putri mereka.
  • Manusia hanya bisa berusaha, Tuhan menentukan. Dani sangat mencintai anaknya. Dia berusaha keras memberikan yang terbaik, termasuk pengobatan dan terapi yang dibutuhkan. Namun apa daya, sudah menjadi takdir putrinya meninggalkan dunia selamanya.
  • Jodoh tak akan kemana. Kedua orangtua Dani berusaha keras memisahkan putrinya dari Logan. Bahkan mereka menikahkan Dani dengan lelaki yang bukan pilihannya. Namun siapa sangka, kalau ternyata berjodoh. Sejauh apapun dipisahkan, mereka akan tetap bersatu.
  • Segala sesuatu bisa dikompromikan. Dalam hidup ada pilihan-pilihan. Terkadang kita harus mempertahankan pilihan itu, tapi tidak sering pula kita harus mengkompromikan kepada orang lain pilihan kita itu. Jika ini mampu menyelesaikan persoalan, kenapa tidak. Asalkan ada win win solution.
  • Rasa empati untuk anak-anak membutuhkan. Ini semua bisa kupelajari dari Dani. Dia begitu tulus dan bersemangat membuat berbagai kegiatan untuk anak-anak tersebut hingga mereka bisa bergembira bersama, merasa diperhatikan, dan tidak merasa tersisih dari kehidupan normal.

Aku suka ending dari kisah ini. Betapa Logan begitu berubah yang awalnya terkesan galak dan kejam, kini lebih lembut dan bucin ke Dani. Kehidupannya pun lebih ceria di banding sebelum kedatangan Dani. Pun demikian dengan Dani yang lebih bersemangat menjalani harinya. Apalagi sekarang Logan bersamanya, terus mensupportnya dan memberikan apapun yang Dani inginkan hingga dia tidak lagi tenggelam dalam kesedihan hidup. Keduanya pun terlihat manis dan saling mengisi satu sama lain. Duh! Kalau begini sih bukan hanya anak-anak aja yang harus minggir, yang jomblo pun juga harus menyingkir, haha.

 

Baca juga >>> [Book Review] - The X-Files

 

Data Buku

Judul      :   In a Class by Itself

Penulis   :   Sandra Brown

Penerbit :   Gramedia Pustaka Utama

Tebal      :   232 halaman

Tahun    :   2017.

 

Baca juga >>> [Book Review] - The Pajama Game

 

Skor

🌠 4/5

 

 

~ Hana Aina ~

 

 

Baca juga, ya ...







 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^