Rabu, 01 April 2020

Nulis Bareng Stiletto #1 - Ini nih Salah Satu Hal yang Bikin Aku Hepi


Terkadang, bahagia itu datang dengan sendirinya. Namun tak jarang, bahagia itu harus diusahakan. Apapun akan dilakukan agar bahagia itu datang. Karena kebahagiaan adalah hak setiap orang. Betul?


Salah satu hal yang membuatku bahagia adalah saat aku berhasil melakukan banyak hal yang tertera di daftar to do list-ku. Yup! Sesederhana itu bahagiaku. Rasanya tuh puas banget bisa mencoret banyak kegiatan di daftar harian.

Sudah menjadi kebiasaan sejak lama, aku selalu membuat to do list sebelum tidur. Ini adalah jadwal kegiatan yang akan aku lakukan esok hari. Buatku ini sangat penting. Dengan mendaftar semua kegiatan yang akan kulakukan esok hari, kegiatanku jadi lebih terencana dan terarah. Aku juga bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efektif dan efisien.

To do list membuatku terhindar dari lupa karena semua kegiatan sudah tertulis rapi. Begitu selesai dari satu kegiatan, aku bisa mengecek kegiatan apa lagi yang bisa kulakukan hari itu. Ini juga membuatku terhindar dari stress karena harus mengingat-ingat terus kegiatan yang akan kulakukan. Kapasitas daya ingat manusia terbatas. Alangkah baiknya untuk hal-hal seperti ini ditulis saja. Begitu selesai tinggal dicoret saja. Gampang, kan.

Membuat to do list begini membuat hariku lebih terarah. Aku bisa membayangkan apa yang akan kulakuan, mau ngapain, dan berapa lama aku menyelesiakan kegiatan tersebut. Prinsip yang kugunakan simple : tulis apa yang akan kulakukan, lakukan apa yang sudah kutulis, coret yang sudah kulakukan. Dengan begitu aku bisa merancang kembali to do list untuk esok hari. Mau mencoba membuatnya? Ikuti langkah berikut, ya!


Buat to do list. Tulis apa yang ingin kamu lakukan mulai dari melek mata sampai mata merem lagi. Buat daftar kegiatannya dan jangan takut salah.

Buat skala prioritas. Bisa dikelompokkan dari yang mudah dilakukan ke yang sulit. Atau diurutkan dari butuh waktu singkat untuk menyelesaikannya hingga yang lama. Bisa juga di daftar dari yang terdekat hingga ke jauh. Kamu bisa menyelesaikan kegiatan dari yang mudah dulu atau yang butuh waktu singkat. Fleksibel aja sesuai dengan kebutuhan.

Lakukan beberapa kegiatan sekaligus. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Kalau bisa melakukan beberapa kegiatan sekaligus, lakukan saja. Ini bisa menghemat waktu dan kamu bisa lebih banyak melakukan kegiatan.

Manfaatkan waktu dengan baik. Saat menunggu antrian, kamu bisa membuka to do list. Barangkali ada kegiatan yang bis akamu lakukan sembari menunggu. Jangan sampai membuang waktu tanpa melakukan apa-apa. Kecuali saat kamu ambil jeda untuk istirahat.

Evaluasi. Di akhir hari sebelum tidur, cek lagi to do list-mu. Kamu bisa mencoret kegiatan yang sudah dilakukan. Evaluasi juga saat ada kegiatan yang belum kamu lakukan hari itu. Kamu bisa memasukkan kegiatan yang tertunda tersebut di to do list esok hari. Dan begitu seterusnya.


Mudah, bukan. Dengan perencanaan kegiatan seperti ini, harimu lebih teratur dan terarah. Tentu saja, akan ada peningkatan pencapaian dari hari ke hari, sesuai atau malah melampaui targetmu. Bisa jadi kamu akan merasa lebih hepi. Seperti aku sekarang ini. Selamat mencoba.




~ Hana Aina ~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^