Selasa, 07 April 2020

Nulis Bareng Stiletto #7 - 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan di Tengah Wabah


Bagiku, kesehatan adalah hal yang tak ternilai. Tidak berlebihan rasanya jika ada yang mengatakan, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Untuk menjaga kesehatan memang butuh niat dan tekad untuk melaksanakannya, tapi tidak ada salahnya mencoba dan disiplin sebagai bagian dari usaha. Sebenarnya, ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan. Bukan sesuatu yang rumit dan berat, kok.

Mengingat sekarang sedang dilaksanakan physical distancing dan juga dihimbau untuk #dirumahaja, tentu kita punya lebih banyak waktu untuk melaksanakan berbagai hal, ya. Termasuk beberapa kegiatan yang dapat mendukung daya tahan tubuh kita agar tetap baik.

Ada 7 hal sederhana yang biasa aku lakukan saat #dirumahaja. Meski sederhana namun tetap bisa kok untuk menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik sangat membantu melindungi tubuh kita dari kuman dan virus penyakit di sekitar. Yuk, cek!

Berjemur. Ini sebenarnya bukan kebiasaan baru. Bedanya, kalau dulu yang kebanyakan berjemur adalah tanaman-tanamanku, sekarang, aku ikutan berjemur bersama tanaman. Sebelum berangkat kerja aku usahakan berjemur meski hanya 15 menit.

Istirahat cukup. Semenjak ada covid-19, aku nggak berani lagi begadang. Biasanya aku tidur di jam Cinderella. Namun sekarang paling malam jam 10 malam. Demi menjaga daya tahan tubuh. Sebagai konsekuensinya, aku harus bisa mengatur waktu dengan lebih efektif dan efisian.

Hidup sehat. Hal-hal sederhana dan sepele terkadang malah justru membawa manfaat besar. Termasuk kebiasaan hidup sehat. Salah satunya, aku rajin mencuci tangan. Ini aku lakukan terutama setelah berinteraksi dengan orang lain. Misalnya setelah transaksi keuangan, atau setelah bepergian. Kebiasaan lain adalah menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga sirkulasi udara dan sinar matahari.

Makan sayur & buah. Semenjak pandemic covid-19 banyak orang lebih sadar akan asupan makanan. Ini juga demi menjaga daya tahan tubuh. Pun demikian denganku. Banyak makan sayur adalah salah satu pilihan. Perbanyak makan buah juga bisa sebagai pengganti cemilan sehar-hari.

Olah raga. Kalau kegiatan yang satu ini bukan sesuatu yang baru juga, ya. Banyak orang sudah rajin melakukannya. Untuk sekarang, aku biasanya olah raga sambil berjemur. Yup, karena aku nggak work from home, jadi musti mengatur waktu dengan baik. Meski sebentar tak apa.

Relaksasi. Stress bisa menurunkan daya tahan tubuh. Karenanya aku butuh relaksasi. Kalau ini sih nggak perlu keluar rumah. Cukup dengan melakukan me time #dirumahaja. Aku bisa baca buku, menulis, atau nonton film.

Nah, itu tadi beberapa hal sederhana yang biasa aku lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Aku dan kamu harus tetap semangat selama pandemic, ya. Isi hari-hari dengan hal bermanfaat dan tetap produktif meski #dirumahaja.




~ Hana Aina ~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^