Minggu, 08 Mei 2016

[BOOK REVIEW] : BLOGGING - HAVE FUN AND GET THE MONEY


Data Buku
Judul               :      Blogging Have Fun and Get The Money
Penulis            :      Carolina Ratri
Penerbit           :      Stiletto Publishing
Halaman          :      240 halaman
Tahun              :      Desember 2015

Sinopsis
Blog sudah bukan hal baru bagi sebagian orang. Para Blogger, demikian orang yang nge-blog biasa disapa, melakukan aktivitas blogging untuk beberapa alasan. Mulai dari gaya-gayaan, menyalurkan hobi, sarana curhat, mendapatkan uang, sarana belajar, mengasah kemampuan, hingga eksistensi diri.
(Hal 4-5)

Dalam perkembangannya, blog terbagi dalam 2 kelompok, yaitu Lifestyle Blog dan Niche Blog. Niche Blog adalah blog yang mengarah pada satu topik bahasan, sedangkan Lifestyle Blog lebih kepada segala macam topik. Karenanya Lifestyle Blog sering disebut Blog Gado-gado. Masing-masing jenis blog ini memiliki kelebihan tersendiri.
(Hal 23-25)

 Blogging selalu identik dengan writing. Karenanya seorang blogger harus memahami teknik dasar menulis. Termasuk di dalamnya adalah EYD, originalitas, serta data yang mendukung.
(Hal 85)

Salah satu tujuan nge-blog adalah untuk menghasilkan uang, karenanya blog harus dioptimalkan. Salah satunya adalah dengan melakukan beberapa teknik SEO atau Search Engine Optimization. Cara yang lain adalah bergabung dengan berbagai situs penyedia layanan blog.
(Hal 118)

Review
Sebenarnya, blog bukanlah hal baru buat saya. Saya sudah punya sejak beberapa tahun yang lalu. Tapi, karena saya mengenal blog lewat salah satu materi wajib tempat saya kursus, alhasil yang saya lakukan hanya membuat blog saja.
Beberapa tahun lamanya blog saya anggurkan. Biasanya saya menulis puisi, catatan atau cerpen di note facebook. Hingga saya berkenalan dengan beberapa orang blogger yang sering menulis di blog mereka dan men-share-nya di sosial media. Saya mulai menirunya, dengan menulis ulang semua tulisan saya di blog. Selama beberapa waktu saya terus melakukan itu, hingga suatu saat saya bergabung ke beberapa komunitas blogger. Mulai dari situlah saya tahu bagian-bagian blog dan istilah yang digunakan. Tapi saya sebatas tahu saja tanpa mengerti apa maksudnya. Bingung? Pasti. Galau? Banget. Hingga saya menemukan buku ini, Blogging Have Fun and Get The Money karya Carolina Ratri menjawab banyak pertanyaan saya tentang dunia blog – blogger – blogging.
Saat pertama kali Penerbit Stiletto memamerkannya lewat Stiletto Book Club, saya langsung berkata dalam hati, “Ini dia buku yang saya cari!” Tapi saat itu saya masih ragu dan penasaran dengan isinya, apakah sesuai dengan yang saya inginkan. Akhirnya, saya pergi ke toko buku. Saya berhasil menemukan buku ini namun masih dalam keadaan tersegel. Saya meminta bantuan pelayan toko untuk membukanya. Untuk hampir tiga per empat jam saya berdiri dan membaca buku ini. Di awali dengan daftar pustaka. Ini adalah bagian yang wajib saya baca setiap akan membeli buku. Jika semua oke, saya lanjut membaca ke bagian bab yang menurut saya menarik.
Jika diumpamakan sebagai hidangan, buku ini isinya daging semua. Semua bisa dilahap sampai habis tanpa sisa. Pengenalan blog – blogger – blogging mulai dari dasar hingga advance semua ditulis rapi dan runut oleh Carolin Ratri. Kalau di tempat kuliah atau kursus, buku ini bisa jadi panduan untuk beberapa kali pertemuan. Tapi karena enak dibaca dan dipahami, saya menyelesaikannya dalam 1 hari. Bagi Anda blogger new be, buku ini cocok Anda gunakan sebagai panduan belajar. Begitu praktis dan mudah dipelajari.
Buku Ini mengupas banyak hal seputar nge-blog. Beberapa diantaranya adalah tentang para blogger yang seharusnya faham tentang teknik dasar menulis, mulai dari seluk beluk EYD sampai proses editing. Buku ini juga membahas bahaya plagiarisme bagi seorang blogger, termasuk cara mengecek apakah tulisan kita termasuk plagiarisme atau tidak, dan trik menghindari plagiarisme. Semua dipaparkan gamblang, step by step. Haduuhh ... Komplit bener ya nih buku ^^
Buku Blogging Have Fun and Get The Money tidak melulu tentang teori, namun bisa langsung dipraktekkan. Di dalam buku ini, Carolina Ratri juga membahas seputar komunitas blogger dimana pembaca dapat bergabung di dalamnya untuk memperbanyak teman, ilmu, dan pengalaman. Di buku ini pula ditulis profil beberapa blogger. Melalui pengalaman mereka, pembaca dapat meniru dan menjadikannya penyemangat untuk terus nge-blog.
Yang menarik perhatian saya adalah bab mengenai job review dan menghasilkan uang dari blog. Huahaha ... Kalau ini sih saya yakin, bukan hanya saya saja yang ingin membaca dan langsung mempraktekkannya. Blogger yang lainnya pun tak mau ketinggalan, hihi :D :D Carolina Ratri tidak hanya membeberkan cara-cara memperoleh job review ataupun menghasilkan uang dari blog tapi juga memperkenalkan situs-situs penyedia layanan job review. Penasaran apa saja? Mangkanya, beli bukunya :P :P
Selain isinya yang bermutu, buku ini juga memiliki tampilan yang cantik. Warna-warna shoft ditampilkan sebagai cover hingga menjadikannya eye-catching. Kertas yang digunakan pun tidak berwarna putih sehingga tidak mudah melelahkan mata. Perpaduan luar dan dalam yang cantik. Karenanya tak salah jika Mak Indah Julianti, salah satu founder Komunitas Emak Blogger mengatakan, buku ini wajib dimiliki jika ingin menjadi blogger kaffah, hahaha :D :D 

Skor
4 dari 5 bintang



Related Post :

7 komentar:

  1. Layak saya baca ini bukunya, apalagi terbitan tergolong baru jadi isinya dipastikan masih relevan dengan kondisi saat ini. Terima kasih untuk review-nya, Mbak Hana. Jadi kepengen kan saya. Hayo, tanggung jawab! Hahahaha...

    BalasHapus
  2. emmm referensi yang bagus nih, biasanya kalo di gramed nemunya cara cepat menghasilkan uang dari blog mulu jadi nggak tertarik saya hoho, salam kenal mbak :D

    BalasHapus
  3. Wahhh...jadi mupeng baca buku inii.....

    BalasHapus
  4. Terima kasih reviewnya ya :)
    Keep blogging!

    BalasHapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^