Sabtu, 02 April 2016

[BOOK REVIEW] : VICTORIA AND THE ROGUE


Detail Buku
Judul                   :     Victoria and The Rogue
Penulis                :     Meg Cabot
Penerbit              :     Gramedia Pustaka Utama
Tebal                  :     248 Halaman
Tahun Terbit       :     2010 

Sinopsis
Lady Victoria Arbuthnot adalah anak keturunan bangsawan inggris. Dia cantik, energik, dan mandiri. Dia jatuh cinta pada Hugo Rothschild, Earl of Malfrey Kesembilan. Bangsawan Inggris lain yang tampan, modis dan selalu menjadi idaman para gadis. Bak gayung bersambut, Hugo pun memuja Victoria setinggi langit. Hugo bahkan melamarnya meski mereka sepakat menyembunyikan berita itu hingga Hugo pulang dari pelayarn ke Lisbon.

 "Jangan pernah mengatakan cepat atau lambat jika menyangkut kita! Karena aku tidak pernah berjumpa dengan gadis sepertimu, Victoria, begitu cantik … begitu cerdas … begitu cakap dalam membantu. Aku tidak bisa membayangkan apa yang bisa dilihat makhluk sesempurna dirimu pada pecundang menydihkan seperti diriku. Tapi aku berjanji, jika kau bersedia menunggu kepulanganku dari Lisbon, lalu berkenan menerima lamaranku, aku akan mencintaimu sampai aku mati, dan tidak melakukan apa-apa selain berusaha menjadikan diriku pantas bagimu.”
—Halaman 13~

Hidup Victoria tidak pernah tenang. Semua karena Kapten Jacob Carstairs. Lelaki dengan jiwa petualang tinggi dan jiwa merdeka. Dia adalah kapten kapal yang membawa Victoria dari India ke Inggris. Jacob bersikap ramah kepada siapapun, termasuk Victoria. Tapi justru Victoria tidak suka dengan sikapnya itu. Bagi Victoria, sikap Jacob itu sangat menyebalkan.

"Jacob Carstairs merupaka pria paling controversial yang sialnya pernah kujumpai!”
“Maksudmu luar biasa kasar, kurang ajar, dan melecehkan. Dan, jika kau berani bilang bahwa kalangan atas London menganggapnya sebagai calon suami idaman, aku akan berteriak.”
—Halaman 41~

Tapi Jacob disukai semua orang. Tua, muda, anak-anak, lelaki dan wanita. Itu juga yang membuat Victoria tersudut setiap mereka bertemu di setiap acara. Victoria berusaha menunjukkan ketidak sukaannya terhadap Jacob. Namun semakin Victoria membencinya, semakin Jacob gigih mendekatinya.

Ada apa?” Tanya Rebecca ingin tahu. "Apa yang kau perdebatkan dengan Kapten Carstairs di lantai dansa? Semu orang melihat! Aku ikut malu.”
Rebecca mengentakkan sebelah kakinya yang berselop. “Oh, gadis yang paling menjengkelkan! Tidakkah kau mengerti? Dia jatuh cinta kepadamu!” 

—Halaman 64-65~

Jacob selalu mengatakan kepada Victoria kalau Hugo tak pantas untuk dirinya. Namun Victoria tidak menghiraukannya. Victoria menganggap kalau Jacob cemburu kepadanya. Jacob tak peduli dengan apapun anggapan Vistoria. Karena sebenarnya Jacob tahu satu rahasia Hugo yang tidak diketahui orang lain. Rahasia yang ia pendam selama bertahun-tahun, yang akan membuat Victoria menyesal karena telah mencintai Hugo.


  “Kini aku ingin menceritakan yang sebenarnya mengenai earl-mu yang tercinta –kebenaran yang hanya diketahui olehku dan beberapa orang yang lain. Dan, mengingat apa yang hendak kuungkpkan, aku harus memintamu bersumpah tidak akan pernah mengungkapkannya kepada siapapun, selamanya.”
                                                                                                     —Halaman 120~                                        
Review
Novel Victoria And The Rogue adalah kisah romance dengan latar belakang Inggis zaman dahulu. Novel ini berkisah tentang Victoria yang jatuh cinta pada lelaki yang salah. Di sisi lain ada lelaki lain yang berusaha memperjuangkan cintanya kepada Victoria.
Membaca novel ini, saya membayangkan kehidupan di rumah-rumah khas zaman Victoria di Inggris dengan bangunan besar dan megah. Ada banyak kamar di dalamnya. Dan para tokohnya, para wanita menggunakan gaun panjang dengan bagian bawah mengembang dan dihiasi dengan renda-renda.
Tokoh yang saya suka dalam cerita ini adalah kapten Jacob sendiri. Meski kelihatannya dia bukan orang yang serius dan menjunjung tinggi harga dirinya (baca : jaim), tapi Jacob adalah orang yang baik hati dan ramah. Dia bisa mengambil hati orang-rang di sekitarnya bukan dengan rayuan ataupun sikap palsu. Tapi karena kerendahan hati dan sikap ramahnya. Bahkan Victoria yang sejak awal membencinya, lama-kelamaan menjadi luluh hatinya dan jatuh hati padanya.
Ini juga memberikan pelajaran yang berharga. Don’t jugde a book from the cover. Siapa menyangka kalau Jacob, dengan penampilannya yang ala kadarnya, sebenarnya adalah seorang bangsawan dengan kekayaan yang tidak sedikit, baik hati, dan gantle. Begitu juga dengan Victoria. Terlepas dari betapa jaimnya dia, sebenarnya dia adalah gadis yang baik dan suka menolong. Meski itu dilakukan dengan caranya sendiri.
Saya juga suka ending dari kisah ini. Sedikit mengejutkan saat Victori pada akhirnya harus menyadari bahwa di dunia ini masih banyak orang yang dilahirkan kurang beruntung. Tidak seperti dirinya yang terhornat dan kaya raya. Namun, meski demikian, bukan sikap yang bijaksana memandang mereka sebelah mata. Karenaereka juga manusia.
Menurut saya, kelebihan novel ini adalah alurnya yang rapi. Penulis bercerita dengan detail, sehingga dapat membayangkan baik setting tempat maupun adegan di dalamnya. Sedangkan kelemahannya adalah penggunaan istilah gelar kebangsawanan yang terkadang membuat saya bingung.
Novel ini asyik dinikmati terutama bagi Anda yang menyukai kisah romance klasik.

Skor
Tiga dari lima bintang

Related Post :

4 komentar:

  1. Belum pernah bacaMeg Cabot, nih. Tp sesekali penasaran juga pengen baca :))

    BalasHapus
  2. Aku selalu suka novel Meg Cabot, terutama Princess Diaries. Udah baca The Mediator Series?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum. Untuk karya Meg Cabot saya baru punya beberapa saja :)

      Hapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^