Sabtu, 02 Januari 2016

[BOOK REVIEW] : FANTASTIC COSMETIC


Detail Buku
Judul                   :     Fantastic Cosmetic
Penulis                :     Kim Mi-kyung
Penerbit              :     Elex Media Komputindo
Tebal                  :     204 Halaman
Tahun Terbit       :     2011

Sinopsis
Setiap manusia diciptakan dalam keadaannya masing-masing. Salah satunya adalah tentang kulit. Kulit manusia memiliki berbagai macam jenis. Mulai dari kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, dan kulit kombinasi. Tiap-tiap jenis kulit ini memiliki cara penanganannya sendiri. Seperti kulit kering yang cenderung kekurangan air dan minyak. Kulit ini mudah rapuh. Karenanya jangan mencuci kulit kering terlalu bersih atau sering melakukan pengelupasan kulit mati. Hal ini dapat mengurangi kelembaban kulit.
Berkebalikan dengan kulit kering, kulit berminyak menghasilkan banyak sebum, cenderung memiliki pori-pori besar dan sering muncul jerawat. Namun karena adanya minyak itu pula penuaan kulit menjadi melambat. Pada kulit berminyak dianjurkan untuk mencuci muka hingga bersih dan membersihkan kulit mati secara teratur.
Pada kulit kombinasi, pada daerah T atau sekitar hidung dan dahi cenderung berminyak. Sedangkan pada daerah U yaitu sekitar pipi dan dagu cenderung kering. Cara membersihkan kulit kombinasi harus disesuaikan dengan daerah tipe kulit. Pada daerah T dibersihkan dengan kosmetik untuk kulit berminyak, sedangkan daerah U dibersihkan dengan kosmetik kulit kering.
~Halaman : 24~

Saat membersihkan wajah, jangan menggosoknya dengan keras karena air dan minyak yang pada dasarnya tetap diperlukan kulit untuk perlindungan akan hilang semua. Akibatnya kulit akan cepat kriput. Begitu pula membersihkan wajah hingga terasa kencang. Hal ini belum tentu baik. Kunci sebenarnya adalah dengan menggunakan busa sabun yang cukup. Karena busalah yang akan menyatu dengan minyak dan kotoran yang kemudian dibersihkan oleh air.
~Halaman : 27~

Salah satu yang dapat merusak kulit adalah sinar matahari. Pengaruh dari UV A dan UV B pada sinar ultraviolet matahari biasanya dihindari. UV A menjadi faktor penyebab penuaan kulit karena merusak kolagen dan keseimbanagn pigmen. Sedangkan UV B dapat menimbulkan luka bakar pada kulit. Karenanya kulit memerlukan perlindungan yaitu dengan menggunakan tabir surya. Pada kosmetik yang mengandung tabir surya biasanya akan tertera indek angka. Sebagai contoh adalah SPF 35 PA ++.
SPF (Sun Protection Factor) 35 adalah indeks angka untuk UV B. Semakin tinggi angkanya, semakin efektif kerjanya. Biasanya berkisar antara 20-30. Itu sudah cukup melindungi. Sedangkan PA++ adalah indeks untuk UV A. Semakin banyak tanda ++, kerja tabir surya semakin efektif. Penggunaan tabir surya tipis saja. Namun karena semakin lama nilai SPF semakin berkurang, dianjurkan mengoleskannya berulang setiap berapa jam sekali.
~Halaman : 53-55~

Kebanyakan orang lebih memperhatikan perawatan wajah dan tubuh. Padahal ada lagi bagian tubuh yang perlu penanganan khusus, yaitu kaki. Selain pergi ke salon untuk manicure pedicure, melakukan perawatan sendiri di rumah juga menyenangkan. Cukup dengan mencuci kaki dengan sabun dan scrub untuk menghilangkan sel kulit mati. Pada bagian tumit dapat dibantu dengan alat khusus. Setelah dibilas dan dikeringkan, oleskan lotion atau krim dengan memberikan pijatan dari ujung kaki hingga betis.

~Halaman : 148~

Review
Bagi saya yang jarang memakai make up, atau melakukan perawatan ini dan itu, berjalan-jalan di pusat perbelanjaan terutama di bagian kosmetik termasuk hal yang mengasyikkan. Saya melihat pada etalase kaca, deretan make up dengan berbagai macam merek. Mulai dari yang biasa saja hingga yang memiliki fungsi khusus. Dari yang harganya standar sampai yang harganya selangit. Mulai dari perawatan pagi hingga perawatan malam. Mulai dari warna-warna natural hingga warna-warna mencolok. Itu baru dari produk make up-nya, ya. Belum lagi berbagai macam peralatan untuk mengaplikasikan make up itu sendiri. Berbagai macam kuas, dari yang kecil hingga besar, dengan berbagai macam bentuk. Ada juga penjepit bulu mata, sampai alat penghilang komedo dengan satu sisi berbentuk lingkaran dan di sisi lainnya berbentuk jarum. Fuihhh ... Terkadang saya sampai bingung melihatnya.
Menemukan buku ini seperti menemukan air saat dahaga. Haha ... Sedikit lebay, sih. Buku ini saya temukan tanpa sengaja. Saat itu saya bermaksud membeli buku cerita bergambar untuk keponakan. Di antara buku cerita bergambar dan komik, terseliplah buku ini. Awalnya saya mengira ini buku komik. Ukurannya yang besar menarik perhatian saya untuk membukanya. Saya sedikit terkejut saat melihat isinya. Ternyata ini bukan buku untuk anak-anak. Bukan pula buku fiksi. Ini buku make up tutorial.
Buku ini asyik dibaca karena memberikan informasi berbagai macam jenis make up, mulai dari make up untuk wajah hingga kuku. Di dalam buku ini juga diajarkan cara mengaplikasikan make up step by step, pengenalan warna dasar, hingga memanupulasi wajah. Tak hanya itu, buku ini juga memberikan tips perawatan rambut, wajah dan tubuh secara sederhana yang bisa diaplikasikan sendiri di rumah.
Membaca buku ini tidak akan bosan. Meski buku tutorial, namun cara pengemasannya yang fun menjadikannya tidak terkesan menggurui. Disajikan dengan gambar-gambar anime lucu, mirip seperti membaca komik jepang.

Penampakan bagian dalam pada salah satu halaman. 
Ini menarik karena dikemas dalam bentuk komik.

Secara teori, buku ini sangat komplit dan menyeluruh, menjelaskan langkah demi langkah secara detail. Namun jika yang mempraktekkan adalah orang seperti saya yang sangat awam dengan dunia permake up-an, mungkin membutuhkan konsentrasi dan kerja keras untuk mengaplikasikannya. Ribet jadinya, hehe ^^ Tapi bagi anda yang berniat untuk mempelajari dan mendalami dunia ini, buku ini sangat tepat dijadikan buku panduan.

Skor
Empat bintang dari lima untuk ilmu yang bermanfaat serta penampakan buku yang chic

24 komentar:

  1. Bukunya lucu ya, ada ilustrasinya gitu
    Klo pilih sunblock sebaiknya yang spfnya tinggikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yang aku tahu, kalau untuk di Indonesia SPF yang efektif antara 20-30. Lebih dari itu perbedaannya tidak signifikan ^^

      Hapus
  2. Awal liat foto covernya, kirain itu novel teenlit Mak, ternyata tutorial ya hehehe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama. Awalnya juga aku kira komik. Tapi setelah aku perhatikan judulnya, aku penasaran dengan dalamnya. Jadi, aku minta petugas toko untuk membuka segelnya. Ternyata mengejutkan :D :D

      Hapus
  3. Saya juga mikir kirain ini komik, pas ke tokobuku sempet liat tapi masih disegel wahh kreatif banget yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kreatif banget pengarangnya. Kita yang baca jadi asik-asik aja. Kayak baca komik. Belum lagi adegan-adegan konyol di dalamnya :D :D

      Hapus
  4. Iya, kirain tdnya ini review novel, Mba Hana. Ternyata buku edukasi tentang kulit dan kosmetik ya? Keren yaa?

    Saran:
    Mba, aktifkan opsi Name/URL donk. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Mungkin juga karena penulisnya juga seorang ilustrator. Jadi dia bisa gambar sendiri apa yang ada di pikirannya, dan pesannya sampai ke pembaca :)

      Hapus
  5. harga bukunya berapa Mbak??
    tertarik pengen beli :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya antara Rp. 80.0000.- s/d Rp. 90.000.-

      Hapus
  6. Balasan
    1. Harganya antara Rp. 80.0000.- s/d Rp. 90.000.-

      Hapus
  7. ini buku favorit anak gadisku hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bakal banyak yang suka dengan buku ini :D :D

      Hapus
  8. woooh aku kirain tadinya iini buku anak2 abege gitu ternyataaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh, jangan salah, Mak. Kita kan juga masih ABeGe, haha :D :D

      Hapus
  9. We lha, Tak kira buku cerita bergambar buat anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Mak. Awalnya aku kira juga begitu :D :D

      Hapus
  10. Covernya lutchu, kalau anakku liat pasti berebutan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Etapi, Mak, buku ini bukan untuk anak2, lho. Ini buku make up tutorial. Buku buat dewasa ^^

      Hapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^