Rabu, 06 April 2016

[BOOK REVIEW] : LEADER'S VOICE


Detail Buku
Judul                   :     Leader’s Voice
Penulis                :     Shaheena Nazir Judge
Penerbit              :     Alex Media Komputindo
Tebal                  :     142 Halaman
Tahun Terbit       :     2015

Sinopsis
Menjadi pemimpin bukan hanya memerlukan jiwa kepemimpinan namun juga kemampuan berkomunikasi yang baik. Ini dibutuhkan agar dapat menjalin kerjasama baik dengan tim kerjanya, maupun pihak lain.

Komunikasi adalah belajar untuk bagaimana berhubungan dengan seseorang dan mencari tahu kepribadiannya; apa yang membuat mereka bergerak dan apa yang membuat mereka termotivasi.
~Halaman 15~

Masing-masing individu memiliki keunikan dan pendapatnya sendiri. Ini yang menjadikan perbedaan antara orang yang satu denagn orang yang lain. Agar memiliki kemampuan komunikasi yang baik, salah satunya adalah dengan mengetahui karakteristik personal baik diri sendiri maupun orang lain. Secara umum ada 4 macam model karakteristik yang diketahui : Analyzers, Promoters, Supporters, dan Controllers.

Analyzer, lebih menyukai untuk Do Things Right (melakukan segalanya dengan baik dan benar)
~Halaman 35~
Controllers, lebih menyukai To Get Things Done (segala sesuatunya selesai)
~Halaman 38~
Supporter, merupakan People Oriented (sangat berorientasi padaorang lain), ramah, dan gampang bergaul.
~Halaman 40~
Promoter, memiliki High Spirited With Great Energy (semangat tinggi dengan energi yang besar).
~Halaman 43~

Dalam melakukan komunikasi ada 2 hal yang harus diperhatikan, pokok bahasan dan respon dari pendengar. Tidak semua komunikasi dapat berjalan mulus. Terkadang konflik datang sewaktu-waktu.

Ada 4 strategi yang dapat Anda gunakan untuk menangani konflik : Listen (mendengarkan), Clarify (penjelasan), Problem Solving (pemecahan masalah), dan Ask For Action (meminta tindakan).
~Halaman 63~

Seorang pemimpin harus dapat melihat peluang sekaligus menyelesaikan masalah dengan baik. Karenanya dia harus mampu mengembangkan komunikasi yang baik sebagai seorang pemimpin agar hubungan yang terjalin tidak hanya sebatas kata saja namun dari hati ke hati.

Review
 Leader’s Voice adalah buku non fiksi seri motivasi dan kepemimpinan. Dalam buku ini lebih banyak dibahas tentang seni komunikasi bagi seorang pemimpin baik untuk mengenal gaya komunikasi diri sendiri maupun kepada orang lain. Dengan mengenal berbagai sikap dan gaya komunikasi akan dapat membantu pemimpin dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan bawahan maupun klien.
Saya senang membaca buku ini karena sangat memotivasi dan memberikan pencerahan agar dapat mengintrospeksi diri. Di sisi lain pembaca dapat meningkatkan skill dalam berkomunikasi, termasuk mengatasi konflik. Buku ini enak dibaca. Ditulis dengan bahasa ringan sehingga mudah dipahami. Meski dengan topik pembahasan yang sedikit serius dan butuh sedikit konsentrasi dalam membaca, namun tidak sampai membuat pembaca mengerutkan kening.
Buku ini tidak hanya menyajikan teori saja, namun juga menyertakan contoh-contoh kasus tentang masalah komunikasi. Jadi, pembaca dapat belajar studi kasus langsung dari pengalaman-pengalaman orang lain.

Skor

Empat dari lima bintang


Related Post :

4 komentar:

  1. seorang pemimpin memang harusnya mengerti cara komunikasi yang baik. jadi inget si bos yang super galak. sepertinya ini buku cocok untuknya. haha. folback ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bos nya dibelikan buku ini saja, biar nggak marah-marah terus ^^

      Hapus

Terimakasih telah berbagi komentar ^^