Laman

Selasa, 20 Februari 2024

[Book Review] : Goodbye Nobody – Detektif Ibu Rumah Tangga

  

Sinopsis

Kate Klein menemukan tetangganya, Kitty Cavanaugh, terbunuh. Setelahnya, hidup Kate tidak pernah tenang. Jiwa ingin tahunya menggelitiknya. Bertahun lamanya Kate menjadi jurnalis. Setelah menikah, dia memutuskan untuk fokus mengurus keluarga. Namun kematian Kitty yang menyisakan misteri yang bahkan belum bisa dipecahkan oleh petugas berwenang, membuat Kate diam-diam melakukan penyelidikan. Dibantu sahabatnya, Janie Segal, satu per satu fakta tentang Kitty terkuak. Termasuk kehidupan masa lalu dan sisi gelapnya saat masih muda.

 

Baca juga >>> [Book Review] - Before 30

 

Review
Hai, BESTie. Kali ini aku hadir dengan novel bergenre misteri. Ini adalah kisah tentang pengungkapan kasus pembunuhan yang dilakukan oleh mantan jurnalis sekaligus ibu rumah tangga. Keyakinan Kate dan juga insting jurnalisnya, membangkitkan kembali semangat perempuan itu mencari pelaku.

Konflik yang dihadirkan di kisah ini  adalah tentang keresahan ibu-ibu komplek di salah perumahan Upchurch. Kitty Cavanaugh terbunuh dan pembunuhnya belum ketemu. Marasa kurang aman, akhirnya Kate melakukan menyelidikan sendiri. Terlebih setelah dia menemukan nomor ponsel teman lamanya di rumah Kitty. Jiwa jurnalis Kate merasa terpanggil hingga memutuskan untuk melakukan penyelidikan dibantu sahabatnya Janie.

Perjalanan mengungkap pembunuh Kitty tentu saja tidak berjalan mulus. Ada pihak-pihak yang tidak menginginkan penyelidikan itu dilanjutkan. Salah satunya adalah dari Ben, suami Kate. Terlebih saat Kate mencurigai salah satu klien Ben memiliki hubungan khusus dengan Kitty di masa lalunya. Ben melarang Kate, bahkan mengancamnya jika berani menyenggol kliennya. Bahkan karena inilah hubungan pernikahan mereka terancam retak.

Konflik juga terjadi pada diri Kate dengan masa lalunya. Nomor ponsel yang ditemukan Kate di rumah Kitty adalah nomor seseorang dari masa lalunya, Evan. Lelaki itu adalah penyelidik swasta saat Kate menjadi jurnalis. Hubungan mereka sangat dekat hingga menjadi special. Sayangnya Evan saat itu sudah punya kekasih yang membuat Kate harus menjaga jarak dengannya.

Pertemuan kembali Kate dan Evan mambawa kisah yang belum usai. Evan sudah tidak lagi dengan kekasihnya, tapi Kate sudah menikah. Kate berusaha netral tapi tidak dengan Evan. Lelaki itu masih berusaha merayu Kate. Kate sempat terbawa suasana masa lalu tapi akhirnya memilih menyelamatkan pernikahannya.

Selama melakukan penyelidikan terhadap kasus Kitty, terlihat sekali bagaimana Kate berusaha menyeimbangkan perannya sebagai jurnalis investigasi dan ibu rumah tangga. Meski harus ke sana kemari dan bertemu dengan banyak orang tapi Kate masih berusaha mengurus dengan baik ketiga anaknya. Dia tetap menjalankan peran sebagai ibu yang bertanggungjawab.

Kate Klein digambarkan sebagai ibu rumah tangga yang bertanggungjawab penuh terhadap anak-anak dan juga suaminya. Dia cerdas, pemberani, tangguh, dan pantang menyerah.

Janie Segal adalah sosok yang mandiri, tegas, mudah bergaul, dan suka drama. Dalam beberapa hal, kemampuan dramanya itulah yang memuluskan tujuannya mengumpulkan bukti dan informasi tentang Kitty dan terduga pelaku.

Kitty Cavanaugh digambarkan sebagai perempuan terlahir tanpa ayah. Dia pintar dan menarik. Saat kuliah, dia sering dekat dengan beberapa lelaki yang lebih tua darinya. Orang-orang mengira Kitty menjual diri. Namun kenyatannya, Kitty sedang berusaha mencari sosok ayah kandungnya.

Evan McKenna adalah sosok lelaki yang lembut, mempesona dan tergila-gila pada Kate. Dia penyelidik profesional dan banyak membantu Kate dalam mengumpulkan informasi tentang Kitty.



Baca juga >>> [Book Review] - Living with Disasters

 

Aku tidak punya tokoh favorit di kisah ini tapi aku hanya punya beberapa dialog dan narasi yang kusuka di novel ini :

“Duduk. Pikirkan apa yang tadi kukatakan kepadamu. Tunggulah saatnya. “ Aku mengangguk tanpa perasaannlalu meneguk minumanku. ”Kalau memang harus etrjadi, maka akan terjadi.”

[Hal : 204]

“Seharusnya kukatakan kepadanya bahwa masa lalu adalah masa lalu dan masa depannya – putri-putrinya – itulah yang lebih penting.”

[Hal : 511]

“Kukatakan kepadanya bahwa dia membodohi dirinya sendiri. Kukatakan daripada membuang-buang waktu mengejar ayah yang jelas-jelas tidak ingin ditemukan sebaiknya dia memperhatikan suami dan anak-anaknya.”

[Hal : 527]

 

Baca juga >>> [Book Review] - May

 

Beberapa pelajaran yang kudapat selama membaca kisah detektif ibu rumah tangga ini, di antaranya :

  • Lebih pekalah terhadap lingkungan sekitar. Kematian Kitty membuat Kate lebih memperhatikan lingkungan perumahannya, terutama para ibu-ibu komplek. Kate menyadari, tidak hanya Kitty saja yang menjadi korban pelaku. Dari pengamatannya pula Kate mengetahui banyak rahasia tersembunyi di balik para tetangganya yang terlihat baik-baik saja.
  • Berani memperjuangkan kebenaran. Dengan latar belaknag jurnalis dan keberaniannya, Kate menghadapi banyak hal dalam mengungkap kasus Kitty. Dia tidak takut berhadapan dengan siapapun, termasuk dengan orang-orang yang berpengaruh dan juga suaminya sendiri.
  • Percaya pada kemampuan diri. Kate berani melakukan penyelidikan kasus Kitty karena dia yakin dengan kemampuannya. Dengan rasa percaya diri itu pulalah dia mendatangi banyak pihak, menanyakan langsung pada orang-orang yang masuk daftar tersangkanya.
  • Pentingnya patner yang solid dalam tim. Kate dan Janie adalah tim yang kompak semenjak mereka masih sama-sama menjadi jurnalis. Meski kemudian Kate berhenti dan fokus dengan keluarga, tapi saat mereka dipertemukan kembali pada kasus Kitty, kekompakan mereka tidak punah.
  • Lakukan tugas dan tanggungjawab dengan baik. Kate terlihat pontang panting saat melakoni kedua peran pentingnya : menjadi ibu rumah tangga dan menyelidiki kasus Kitty. Meski begitu, Kate tenang menjalani keduanya dengan baik. Anak-anaknya tetap terurus dengan baik. Penyelidikannya pun berjalan lancar.



 

Baca juga >>> [Book Review] - The Medici Dagger

 

Dari begitu banyak informasi yang dikumpulkan Kate, aku sebagai pembaca jadi ikut menebak-nebak, pihak mana yang berpotensi melakukan penghilangan nyawa terhadap Kitty. Apakah para lelaki dari masa lalu Kitty yang tidak mau hubungannya ketahuan? Atau kah ayah kandung Kitty yang tidak ingin perselingkuhannya dengan ibu Kitty terkuak? Ataukah rekan kerja Kitty sebagai penulis terkenal yang berselisih tentang pembagian royalty? Atau malah perselingkuhan suami Kitty sendiri?

Kisah ini ditulis dengan POV pertama tunggal dari sudut pandang Kate Klein. Alurnya maju mundur dengan happy ending. Awalnya aku merasa bosan membaca di permulaan chapter karena pace-nya lambat tapi mulai sedang di pertengahan. Apalagi saat penyelidikan dimulai, rasa penasaranku mulai tumbuh dan aku mulai antusias untuk terus membaca.

 

Data Buku

Judul          :    Goodnight Nobody

Penulis      :    Jennifer Weiner

Penerbit     :    Gramedia Pustaka Utama

Tebal         :    587 halaman

Tahun        :    2011.

 


Baca juga >>> [Book Review] - Prom Night from Hell

 

Skor

🌠 4/5

 

 

~ Hana Aina ~

 

 

Baca juga, ya ...






 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berbagi komentar ^^